Kebertepatan yang harus disyukuri

Kejadian random hari ini (atau kebertepatan, meminjam istilah ustadz Salim) adalah ketika saya hendak mentoring lanjutan, malah berakhir didaulat jadi pemateri kajian keputrian LDJ KMI (Keluarga Muslimah Informatika). Sekitar 40 menit sebelum acara saya baru diberitahu, gara-gara pemateri yang tidak bisa dihubungi, dan materinya tentang “semangat belajar”. Saya hendak menolak, tapi tidak tega dengan kebingungan adik panitia. Huwaaa, akhirnya kontan saya langsung gugling tak tentu arah. Alhamdulillah, saya bisa menyampaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya, ndak sampai setengah jam. Apa daya, karena sebenarnya bukan bakat saya ngomong ngalur ngidul di depan forum.

Mungkin ini pelajaran buat saya, yang seringkali menolak mengisi kajian keputrian karena beralasan tidak mampu dan sibuk. Sama halnya untuk kajian ibu-ibu kemarin, di kajian ini saya merasa diberikan Allah kelapangan dada dalam menyampaikan materi. Selepas kajian, anehnya  ada sepercik gelora dalam jiwa saya, tentang kekuatan belajar dan penghargaan Allah akan hambaNya yang menuntut ilmu.

Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.”(Al-Mujadilah: 21)

Saya bolak balik tertampar oleh kata-kata saya sendiri, sungguh. Rasanya seperti munafik, karena belakangan ini semangat belajar saya kendor. Tapi saya bersyukur karena boleh jadi, inilah cara Allah mengingatkan saya. Memang Allah adalah sebagaimana prasangka hambaNya. Ketika saya merasa tidak bisa, tentu saya akan bergerak dengan semangat ketidakbisaan. Sebaliknya jika saya terus berusaha, meskipun jika nantinya hasilnya tidak memuaskan, maka itu adalah lebih baik daripada saya terus menyalahkan diri saya yang tidak mau berusaha.

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mudahkan baginya dengan ilmu tersebut, jalan menuju surga.” (HR. Muslim no. 2699)

Bersemangatlah, wahai pembelajar!

Tinggalkan Balasan

