Bukan sekedar membina

Membina itu bukan pekerjaan gampang. Membina itu butuh kesabaran. Membina adalah tantangan. Membina artinya mencetak insan mulia. Membina artinya mengenalkan fikroh. Membina artinya memelihara generasi dalam perjuangan. Seseorang boleh cerdas, pintar, luas ilmunya, atau indah akhlaknya namun tak menjamin ia sanggup membina. Tak menjamin ia sanggup membina dengan sabar demi membangun generasi yang cemerlang.

Menjadi seorang murabbi tentu butuh effort lebih. Sebagai murobbi, kita harus tahu karakteristik mente kita. Sebagai murobbi, kita harus dekat dengan mente kita. Sebagai murobbi, kita juga dituntut paham ilmu. Sebagai murobbi, kita juga dituntut menarik dalam penyampaian dan juga mampu memuaskan dahaga keilmuan binaan.

Menjadi murobbi, bukan lagi kita bicara tentang prestise atau kepopuleran. Menjadi murobbi adalah kesungguhan dan pengorbanan. Menjadi murobbi adalah keikhlasan dalam mempertahankan. Tak banyak orang mau menjadi murobbi. Entah karena ketidak percayadirian, karena ilmu yang dirasa kurang atau karena alasan kesibukan yang imajiner.

Murobbi… Tak pantas rasanya saya menyandang gelar ini. Saya adalah selemah-lemah manusia. Jika ada yang mengatakan “Saya bukan orang baik. Saya tidak pantas jadi murobbi”. Maka apakah saya pun lebih baik dari mereka? Tentu tidak. Hanya Allah yang tahu bagaimana hambaNyaūüė•

Segala perjuangan, letih dan lelah rasanya sudah terbayar ketika melihat mente kita menjadi lebih baik akhlaknya. Lebih banyak ilmunya. Lebih terjaga imannya. Buah paling manis dari perjalanan membina adalah ketika ada generasi yang mampu menggantikan kita, terlebih jika generasi itu lebih baik dari diri.

‚ÄúDemi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu,¬† maka¬† itu¬† lebih¬† baik¬† dari¬† unta¬† merah.‚ÄĚ (HR¬† Bukhari¬† & Muslim)

Pertanyaannya, siapkah Anda menjadi murobbi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s