Airmata, amanah dan kerinduan

Kala itu saya melihatnya menangis. Disekanya airmata itu sambil menyembunyikan kesedihannya pada saya. Saya memeluk bahunya, bermaksud menguatkan. Saya mengira ia bersedih karena amanah yang ia emban. Bisa jadi karena jenuh, berontak atau lelah. Melihat dirinya, saya seakan bernostalgia berbulan-bulan lalu, saat masih dengan amanah-amanah yang menumpuk. Betapa saya tersibukkan dengan amanah tersebut. Mulanya enggan, memang. Jenuh? Tentu. Pernah saya berurai air mata tiba-tiba tanpa sebab di saat les, hanya karena masalah sepele yang memperparah keadaan hati yang sudah kacau balau. Atau saya pernah sengaja mematikan hape, dengan niatan memutuskan komunikasi agar saya bisa berkonsentrasi dengan hal lain.

Selalu ada masa jenuh ketika iman ini merangkak turun. Ketika ego mengalahkan niat untuk kebermanfaatan kepada orang lain. Ketika tak ada lagi pembelajaran yang kita rasakan di balik amanah itu.

Tapi, coba kita kaji ulang, kenapa kita berada di tempat kita sekarang? Kenapa harus dengan amanah ini? Apa yang membuat kita sampai berada di dalamnya? Visi apa yang hendak kita capai didalamnya? Coba kita telusuri jejak kita, dan barangkali akan membuat kita sadar bahwa sekarang bukan saatnya lagi mengeluh jenuh dan lelah. Saatnya mencari ridha Allah melalui amanah tersebut. Saatnya memperjuangkan cita.  Saatnya mengukir jejak hidup dengan batu loncatan amanah tersebut. Saatnya bergerak, atau dirimu akan tergantikan.

Dan sampai sekarang, seringkali saya merindukan masa-masa itu. Masa penuh pengabdian. Mengutip kalimat banyak orang, “hidup cuma sekali, jadilah yang berarti.”

Khoirunnass anfa’uhum linnass…

Tinggalkan Balasan

