Berprasangka baik dengan cobaan

Image

Cobaan ada untuk membuat kita kuat. Membuat kita belajar banyak hal. Ya, cobaan itu adalah bentuk ujian bagi hamba yang beriman. Hadapi sampai akhir. Jangan menyerah dan berbalik ke belakang. Karena Allah pasti akan memberi pertolongan pada hambaNya yang membutuhkan.

Karena sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan. Dan hal tersebut sampai diulang dua kali dalam surat Al-Insyirah. Apalagi makna sebenarnya adalah “setelah ada satu kesulitan, ada banyak kemudahan”. Kata ‘usri yang berarti kesulitan di depannya terdapat alif lam, yang menyatakan bahwa kesulitan adalah tunggal. Yusraa sendiri berarti kemudahan dalam bentuk jamak.

Ya, betapapun kerasnya cobaan, selalu berprasangka baik kepada Allah. Karena cobaan itu akan membawa kita pada dua kemungkinan. Kita semakin mendekat kepada Allah, atau malah berbalik menjauhi karena prasangka-prasangka buruk.

Cobaan, belum pernah seumur hidup menimpa saya sampai menggoncangkan iman. Saya memang belum terbukti kuat, tapi bagaimanapun nantinya saya berjanji untuk bertahan. Jika bisa, cobaan malah harus bisa meningkatkan dan melesatkan iman saya yang meringkih (tapi untuk meningkatkan, tentu tidak perlu menunggu cobaan). Terakhir, Allah mengingatkan dalam suratNya,

Dan hanya kepada Tuhan-mulah hendaknya kamu berharap (Al-Insyirah: 8).

Semangat kepada saudara-saudaraku dalam menghadapi cobaannya. Semoga lulus dengan nilai terbaik dan mendapatkan kemudahan-kemudahan dan pahala yang sudah dipersiapkan Allah sebagai hadiah untuk hambaNya yang beriman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s