Saatnya reduksi sosmed!

Suatu hari di kala banjir-banjirnya tugas…

“Iiih, embaaak. Kayaknya jadi mbak itu enak. Nggak pusing tugas.” celetuk seseorang.

OMG. Saya terhenyak sekali, sodara-sodara. Namun wajarlah apa yang disimpulkan adik angkatan saya, karena yang sedang saya buka di laptop, bukannya paper-paper sciencedirect, Matlab atau consolenya Netbeans, namun browser chrome dengan halaman utama fesbuk. Oh tidaaak. Padahal dahulu kala, saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk tidak ter-addicted fesbuk. Dan sekarang, nyatanya??? Saya terjerat, hikss T___T

Kemudian, saya muhasabah agenda saya selama satu hari. Karena saya online hampir seharian penuh di kampus(dalam rangka nyicil tugas dengan browsing2 materi), maka saya menghitung-hitung berapa lama saya ngendon di beranda fesbuk. Dan tahukah sodara-sodara, ternyata saya tiap 5-10 menit sekali selalu ngecek notif fb. Hiks, artinya ada waktu sekitar dua jam dalam sehari untuk saya memerhatikan entah status orang, ngelike, share tautan, checking grup, atau ngintip wall orang lain(berasa stalker, euy). Tidaaak, itu waktu yang sangat berharga ~_~.. Mending dibuat baca buku, tilawah, murojaah, olahraga, silaturrahim, dsb dll dkk…

Setelah ini, saya harus berjanji. Mendisiplinkan diri dengan cara merapikan agenda saya yang berantakan karena terlalu aktif di sosmed. Pun mengoptimalkan waktu yang dimiliki untuk agenda-agenda strategis.

Pertama, saya harus menghapus halaman-halaman otomatis yang muncul ketika saya membuka chrome, yaitu beranda fesbuk. 9gag juga harus dihapus. Cukup pertahankan yahoo dan gmail. Saya tidak bisa mendeactivate akun fesbuk saya karena terkadang banyak info penting di grup yang beredar, terlebih lagi info akademis.

Kedua, saya hanya diijinkan melihat fesbuk jika dan hanya jika ada notif di grup penting (terutama grup S2 dan grup FT) dan jika ada seseorang yang mengirim sesuatu ke wall saya atau message.

Ketiga, bikin plan untuk satu waktu. Misal tugas A harus selesai di bagian ini. Tugas B paling ngga sudah kesentuh. Kalo nggak gitu, bisa-bisa kita jadi last minuter. Orang yang baru bisa bekerja sepenuh hati ketika deadline sudah mendekat. Dengan melakukan plan, diharapkan ada target. Tanpa target, biasanya orang cenderung santai dan lupa waktu.

Keempat, pasang status bermanfaat boleh2 aja, tapi jangan sampai niat kita berbalik menjadi riya atau pengen diperhatikan orang. Jangan share masalah pribadi pula di FB. Buat saya, ada waktu berdoa khusus bagi setiap muslim untuk mengadukan masalah kepada Tuhannya, dan juga berdoa untuk diberikan kekuatan (Jangan berdoa di fesbuk aja dongg).

Kelima, istiqomah menahan diri dari fesbuk.. Saya pernah dengar ada seorang ikhwah yang buka fesbuk cuma sebulan sekali. Subhanallah… Beliau aja bisa, masak saya ngga bisa puasa fesbuk. He… Pada dasarnya, sifat manusia itu memang suka diperhatikan dan juga suka ingin tahu. Makanya fesbuk menjadi area menyenangkan untuk show off diri dan juga mengeksplor orang lain.

Mungkin anda berpikir, ih kok lebay/strict/kaku banget sihh.. Ya iyalah, kita harus lebay kalo mau menghindari suatu hal yang boleh jadi sia-sia. Saya sampai takut, membayangkan kalo nanti di akhirat Allah bertanya pada saya apa kesibukan saya, masak saya mau menjawab, “fesbukan, ya Allah”. Saya juga khawatir, masak frekuensi tilawah dikalahkan fesbukan? Padahal salah satu muwashofat muslim adalah menghargai waktu. Waktu bernilai lebih dari sekedar uang, karena di waktu mendatang, ada ibadah-ibadah wajib atau sunnah yang akan kita kerjakan.

Maka dari itu, saya bersyukur sekali hape butut saya tidak bisa terkoneksi internet (karena ndak ada pulsa telpon :p) sehingga tidak bisa fesbukan setiap saat, dan terlebih lagi saya juga tidak punya akun sosmed selain fesbuk (no twitter, no plurk dll). Ya Alllah, jika hamba harus sibuk, maka sibukkanlah hamba dalam kebaikan yang Engkau ridhai.

Semangat fastabiqul khairat, yuk🙂

2 pemikiran pada “Saatnya reduksi sosmed!

  1. mbakkk…aq lagi kena ini nih akhir2 ini. hmm.. (-.\)
    dan berhubung hp ana jg gaul, pasti tiap kali ada yg ngepost di group muncul notif gt d hp, tp group yg penting2 aj sih, hehehe.
    padahal sidang progress uda 2 mingguan lg nih,,
    God, tuuuluuuuuuungg… TT_________TT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s