Jadilah layaknya ikan laut di dunia dakwah pasca kampus

Image

Sebagian besar orang pasti ingin berproses menjadi orang baik. Kita selalu berusaha me-learning diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Belajar bersikap, mengendalikan amarah, menghadapi masalah dengan cara yang tepat, memanejemen diri dan sebagainya. Selepas melewati semester terakhir kemarin, saya serasa terlahir dengan wujud baru. Akhirnya, saya akan melepas diri dari lika-liku dunia dakwah kampus.

Dakwah kampus. Ia turut berpartisipasi mendewasakan diri saya. Ia memupuk semangat jiwa pejuang yang penuh heroisme. Ia menuntut waktu, pikiran, harta dan tenaga. Sampai-sampai saya hampir tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Saya gagal meraih kecukupan dalam setiap amanah saya di tahun keempat. Semua seakan penuh cela dan tidak memuaskan, pun usaha saya toh memang tidak maksimal. Namun muslim harus tegar dan kuat. Biarlah hal itu jadi pembelajaran di amanah selanjutnya.

Berhenti dari dakwah kampus, bukan berarti kita berhenti dari dakwah. Dakwah kampus adalah sekolah dan tantangan sebagai da’i (nahnu duat qobla kulli sya’in) yang kebetulan nyambi menjadi mahasiswa. Setelah melewati sekolah, bagi saya selanjutnya adalah mengaplikasikan ilmu dan menjadi orang yang berkontribusi untuk ummat. Saya harus bisa seperti orang sebelum saya, yang menjadi orang besar dan berpengaruh, dan punya bargaining position dalam masyarakat untuk kemajuan dakwah. 

Memang yang tidak berkontribusi setelah bersekolah dalam dakwah kampus juga masih ada. Setelah melepas titel sebagai aktivis dakwah kampus, banyak yang malah melupakan dakwah dan akhirnya muter-muter fokus pada diri sendiri (kerja dan kerja) dan mengabaikan ummat. Bisa jadi karena ia tak bisa bertahan dalam kehidupan masyarakat yang heterogen, karena sebelumnya berada dalam hawa kampus yang homogen dan terkondisikan. Padahal kita bisa jadi pengajak kebaikan dalam komunitas kita sendiri meskipun kita sudah bekerja. Kita bisa menjadi pengaruh baik, meskipun kecil. Toh, dakwah itu tidak melulu jadi penceramah. Dakwah itu mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran. Dengan definisi ini, paling tidak kita mengajak orang semakin mendekat pada Rabb kita, bagaimanapun caranya (sekreatif versi kita). Hingga melahirkan lagi wajah-wajah baru yang mengemban kemuliaan Islam dari kaum muslimin.

Jangan lupa bahwa memberi petunjuk lebih utama dari unta merah😀 Jangan lupa bahwa kita masuk dalam bagian generasi masa depan. Generasi yang tentu harus lebih baik dari generasi sebelumnya, yang mengutamakan nilai-nilai Islam dalam tiap sendi kehidupan. Dan kita tidak bisa sendiri. Kita harus menggandeng banyak orang, kawan! Mari menjadi bagian dari agent of change (unsur perubah), yang mengubah dari kondisi jahiliyah menuju cita-cita peradaban Islam.

Kini kita tunaikan amanah tersebut dengan menyongsong peran nyata di masyarakat. Mempersiapkan diri dan masuk dalam dakwah selanjutnya. lnsya Allah tekat dan komitmen ini akan dijawab Allah dengan kemudahan dan kebahagiaan. Selebihnya mari kita beramal dengan amal-amal yang nyata [Al Izzah No.21/Th.2, 30 September 2001 M].

Jadilah aktivis dakwah layaknya ikan di lautan, yang tetap  tawar walaupun hidup di air asin (Ust. Syaikh Yusuf Qaradhawi). Selama hidup, bertahun lamanya dagingnya tetap tawar. Tapi saat ikan itu mati, satu jam saja dalam seember air garam, maka ia akan menjadi ikan asin. Begitu pula keimanan dalam hati. Bila hati itu hidup, dimana saja dia berada maka keimanannya akan tetap terjaga. Bukan keimanan komunal, yang hanya hidup di habitatnya yang kondusif saja.

Yak, akhir kata, semoga bisa istiqomah bertahan di jalan dakwah, dimanapun dan kapanpun kita berada. Bismillah..

Satu pemikiran pada “Jadilah layaknya ikan laut di dunia dakwah pasca kampus

  1. SUBHANALLOH….

    LAUTAN ILMU DALAM PUSTAKA DIGITAL LENGKAP

    LAPTOP THOLIBUL ILMI
    (layar 14″+DVD Room, hdd 500GB)

    Berisi 100 lbh konten2 unggulan konten-konten HDD External Tholibul Ilmi yg TELAH DIINSTALKAN di DEKSTOP spt :

    (Maktabah Syamilah 57GB, Marji’ Akbar, Jami’ Kabir, Mausuah Jawami’ Kalim, Maktbah Alfiyah Sunnah, Mausuah Fiqhiyah Kuwaitiyah, Biharul Adillah, Maktabah Ahlul Bait, Quran Digital plus tajwid tafsir dan 4 qori, Jelajah antariksa, Software Motivasi, software tutorial ibadah-ibadah, zakat, faroidh, kamus2, wkt sholat, tajwid, software Qiroah Sab’a&Asyr, Maktabah Fiqh, Maktabah Hadits dan Syarh Hadits, Maktabah Aqidah, Maktabah Sirah, Maktabah Tarikh, Maktabah Ushul Fiqh, Maktbah Ilmu Hadits, Maktabah Imam Nawawy, Maktabah Imam Suyuthi, Maktabah Ibnu Hajar dan Ulama-ulama Syafi’i dan ulama-ulama salafy dan lain-lain hingga lbh dr 100 program)

    INSYA ALLAH DIJAMIN ANDA AKAN PUAS DENGAN KONTEN_KONTEN YANG SUPER LENGKAP DAN SPEKTAKULER.
    ANDA TIDAK PERCAYA ? SILAKAN DATANG KE TEMPAT KAMI

    TIDAK HANYA ITU, Akan ditambahkan konten-konten sebesar 350GB dlm Drive/partisi D dan E. Di antara konten-konten sbb :

    √ Ribuan Artikel & buku berbagai materi keislaman&umum
    √ Ribuan Artikel & Buku Powerpoint BAHASA ARAB & INDONESIA berbagai materi keislaman & umum
    √ Ratusan ceramah, kajian & khutbah berbagai materi keislaman dalam format MP3 & Video oleh tokoh-tokoh ulama, ustadz dan da’i Timur Tengah dan Indonesia
    √ Ratusan rekaman video ilmiah antara lain : (dialog & debat, ceramah, IPTEK, kesehatan, sejarah, lintas pemikiran, muhasabah, motivasi, presentasi, break, Harun Yahya, tutorial ibadah, dll)

    Program2 unggulannya sdh diinstalkan dan disettingkan sehingga Anda terima BERES dan SIAP PAKAI tidak perlu ribet lagi yang membuang-buang waktu berharga Anda.

    Spesifikasi Umum Laptop :
    ( Lyr 14″/HDD 500GB/RAM2GB/Intel/Wifi/Camera/DVD-RW,dll)

    Harga & Infak 6.300.000 (sdh bea krm wlyh Jawa,packing dan wajib asuransi)

    TERSEDIA JUGA MERK-MERK LAIN DENGAN HARGA ANTARA 4.900.000 s.d. 11.300.000 (Tergantung spesifikasi Laptop yg Anda pilih)

    Berminat?
    Hub. NUR CHALIM (Abi Qori) :
    08174844161 ( XL )
    082119653966 (SIMPATI)
    085724347663 (IM3)
    08993400441

    Atau datang langsung ke alamat baru kami
    PP. Hidayatullah Surabaya
    Jl.Kejawan Putih Tambak VI No.1 Mulyorejo-Surabaya Timur 60112

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s