Warna-warni di taman baca

“Kak, mana? Dibawa kertas gambarnya? Katanya mau mewarnai?” celetuk adik binaan yang bernama Manda, ketika aku baru saja menginjakkan kaki di ruang taman baca Keputih Tegal Timur. Dengan memasang muka menyesal, aku meminta maaf pada mereka. Kuberikan mereka seribu satu alasan kenapa aku tidak sempat mengeprint dan memfotokopi bahan mereka untuk mewarnai. “Iya Kak. Ini sudah yang ketiga kalinya kakak lupa terus. Minggu depan dibawa ya Kak?” tambah yang lain dengan penuh harap. Aku mengangguk mantap, sambil berjanji dalam hati bahwa aku tidak boleh lupa lagi.

Akhirnya, seminggu kemudian aku meminta bantuan mbah google mencarikan gambar hitam putih untuk diwarnai. Keywordnya cukup susah, tapi aku berhasil menemukannya. “kinderganten coloring landscape” dan voila! Muncullah beragam gambar yang pantas untuk dijadikan bahan lomba mewarnai. Mbah google memang sakti. Ba’da asar, secepat kilat aku memburu waktu untuk print dan fotokopi karena mengajar akan dimulai setengah jam kemudian.

Tiba di TKP, adik di Keputih menunjukkan kegembiraan mereka karena melihatku membawa setumpuk kertas untuk diwarnai. Sebenarnya tugas ini janjiku pada adik putri yang masih TK agar mereka tidak bosan belajar berhitung ataupun mengeja abjad. Tapi ternyata adik lainnya juga bersemangat untuk mengikuti lomba mewarnai, apalagi bagi mereka yang tidak ada pe er.

Gambar 0. Potret adik2 binaan

Dari kegiatan ini, mengajar serasa bersenang-senang. Mengamati proses kreativitas adik-adik memadukan warna, termasuk gaya mereka mengarsir. Kadang pula mereka bertanya padaku bagian gambar yang kurang jelas apa namanya. Para pengajar putri juga ikut asyik mewarnai, sekaligus meramaikan suasana. Dan akhirnya, setelah lomba selesai, tiba saatnya untuk menilai. Hasil karya adik-adik kubawa pulang untuk diberi skor. Jurinya kuambil dari teman-temanku satu jurusan, dan porsi penilaiannya kuserahkan pada mereka. Dan jeng, jeng, jeng…

Inilah hasil mahakarya dari juara-juara terpilih..

Gambar 1. Juara 1 level TK-SD kelas 3

Gambar 2. Juara 2 level TK-SD kelas 3

Gambar 3. Juara 1 level SD kelas 4-6

Gambar 4. Juara 2 level SD kelas 4-6

Gambar 5. Hasil karya kakak pengajar

Kepada adik yang menang, semoga ini memotivasimu untuk berkreativitas setinggi mungkin. Hadiahnya menanti di pengajaran minggu depan. Kepada adik yang kurang beruntung, tetap semangat ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s