Pantaskah kita mengeluh?

Pantaskah kita mengeluh…?

Fatimah Az-Zahra seorang putri Rasulullah SAW. adalah seorang wanita yang sangat sederhana dan dermawan. Dia senantisa mengerjakan pekerjaan rumah dengan kedua tangannya tanpa mengeluh sedikitpun. Namun kita senantiasa mengeluh dan menggerutu manakala mengerjakan suatu pekerjaan yang kita anggap berat. Padahal setiap pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi amal jika dilakukan dengan niat beribadah kepada Allah.

Pantaskah kita mengeluh…?

Ketika Rasul berdakwah di Thaif, beliau senantiasa bersabar. Bahkan beliau rela memaafkan masyarakat yang menyoraki, mencaci maki, serta menghina beliau. Orang dewasa dan anak-anak melempari manusia paling mulia ini dengan batu-batu serta kerikil hingga membuatnya berdarah. Namun kita seringkali mengeluh dan berputus asa ketika ada hambatan dalam berdakwah. Bahkan kita pun sering mangkir dari jalan dakwah jika terjadi sedikit konflik dengan orang-orang yang kita dakwahi.

Pantaskah kita mengeluh…?

Ketika diberi ujian sakit, Nabi Ayub as. tidak pernah mengeluh sedikitpun kepada Allah. Bahkan beliau pun malu untuk meminta kesembuhan dari Allah. Beliau selalu mengembalikan semuanya kepada Allah dengan zikir, sabar dan syukur. Namun kita seringkali mengeluh ketika Allah memberikan sedikit ujian kepada kita. Bahkan terkadang terbersit bahwa Allah sudah tidak sayang lagi kepada kita.

Pantaskah kita mengeluh…?

Setiap hari saudara-saudara kita di Palestina tidak bisa hidup dengan tenang akibat perbuatan tentara Israel. Mereka harus mempertahankan izzah (harga diri) bangsa dan negaranya. Namun kita seringkali mengeluh ketika negeri ini diberi ujian dari Allah berupa bencana alam atau sejenisnya.

Lalu, masih pantaskah kita mengeluh…?

#just repost

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s