Senyumku membawa sedekah:)

Ingin selalu sehat, bahagia dan positif? Ada resep sederhana yang tidak perlu kita tebus di apotek. Cukup dengan tersenyum, kita akan menciptakan citra positif bagi diri kita dan bagi orang lain di sekitar kita. Semakin sering kita membagikan senyuman semakin besar khasiat kebaikan yang akan kita tuai. Percayakah bahwa seulas senyum dapat mengubah dunia? Senyum menyimpan kekuatan dahsyat. Sesuatu yang sulit menjadi mudah karenanya, dan yang tak  mungkin menjadi bisa.

Senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar  mata. Kebanyakan orang tersenyum untuk menampilkan kebahagiaan dan rasa senang. Senyuman itu datang dari rasa kebahagian atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat dia tersenyum. Seseorang sendiri kalau tersenyum umumnya bertambah baik  raut wajahnya atau menjadi lebih cantik ketimbang ketika dia biasa saja atau ketika dia marah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” [HR. Tirmidzi]. Mengapa disebut sedekah? Karena seorang muslim yang tersenyum berarti telah menebarkan kegembiraan dan kasih sayang melalui senyumannya kepada orang di sekitarnya.

Dan ternyata senyum membawa banyak manfaat, diantaranya:

  • Senyum membuat orang di sekitar kita menjadi nyaman dan mereka akan menganggap kita lebih menarik. Berbeda dengan orang yang sering cemberut, dia akan membuat orang-orang di sekelilingnya tidak nyaman. Dengan senyum, kita akan mendapatkan lebih banyak teman.
  • Senyum akan membuat perasaan kita lebih baik, meskipun di saat kita sedih sekalipun. Hal itu malah akan mengurangi kesedihan kita karena kita akan melihat dunia dengan cara yang berbeda melalui lensa kebahagiaan.
  • Senyum itu menularkan keceriaan pada orang lain. Orang yang berada di sekitar kita akan ikut senang dan tersenyum ketika kita memulai untuk tersenyum pada mereka.
  • Senyum menghilangkan stres.Ketika stress, senyuman dapat menghilangkan jenuh, capek, dan sedih. Senyum akan membuat pikiran kita lebih plong dan rileks.
  • Senyum meningkatkan imunitas. Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik karena fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks.
  • Senyum dapat menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba catat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat kita tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat  tersenyum pasti lebih rendah.
  • Senyum ibarat obat alami karena senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.
  • Senyum membuat awet muda.Itu disebabkan untuk tersenyum hanya diperlukan 17 otot wajah yang bekerja. Sedangkan ekpresi cemberut atau sedih membutuhkan 32 otot wajah. Makanya orang-orang yang banyak ditimpa masalah dan selalu bersedih hati akan kelihatan lebih tua dari teman-teman sebayanya.
  • Senyum membuat kita terlihat sukses. Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan.
  • Senyum membuat orang berpikir positif. Coba pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika tersenyum, tubuh kita mengirim sinyal “hidup adalah baik”. Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugrah.

Suatu saat ketika kita tidak tahu harus memberikan apa kepada seseorang, atau ketika kita tidak memiliki apapun yang dapat kita bagikan, kita tahu kita masih punya SENYUMAN🙂 Lalu, sudahkah kita tersenyum hari ini?

#diambil dari berbagai sumber

2 pemikiran pada “Senyumku membawa sedekah:)

  1. Terima kasih sudah berkunjung:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s