Sekilas tentang BPU JMMI

Bismillahirrohmanirrohim …

BPU = Badan Pelayanan Umat

Badan Pelayanan Umat, merupakan salah satu badan semi otonom yang ada di dalam lembaga dakwah kampus JMMI I TPKI ITS (Jamaah Masjid Manarul Ilmi-Tim Pembina Kerohanian Islam-Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Tahun ini (2011) merupakan tahun kedua BPU menjadi sebuah badan semi otonom, yang sebelumya menjadi sebuah departemen .

Dengan jargon “Karena Kami Satu Keluarga”, BSO ini memiliki suatu tujuan yaitu membentuk sebuah ikatan keluarga di internal BPU dan JMMI sendiri serta membentuk sebuah keluarga di eksternal bersama masyarakat binaan BPU utamanya massyarakat kurang mampu yang berada di daerah sekitar ITS. “Karena Kami Satu Keluarga” kami berharap dengan jargon inilah semangat kami tetap bertahan merasakan apa yang mereka rasakan, baik kesedihan dan kebahagiaan kita bersama.

Terdiri dari tiga biro, diantaranya Biro Pembinaan, Biro Pengajaran, dan Biro Humas (Hubungan Massa). Ketiga biro ini merupakan bidang yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya.

Biro pembinaan melakukan kegiatan kemasyarakatan melalui serangkaian pembinaan terhadap orang tua binaan yang ada di daerah binaan (Kejawan Putih Tambak, Keputih Tegal Timur Baru, dan Gebang), misalnya dalam program dakwah BBQ (Belajar Baca Quran), KANTIN (Kajian Rutin), TFU (Training for Umat yang meliputi Pelatihan Al Karim dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna).

Biro Pengajaran melakukan kegiatan pembelajaran terhadap adik-adik binaan (Kejawan Putih Tambak, Keputih Tegal Timur Baru, dan Gebang). misalnya dalam program dakwah ABC (Aksi Belajar Ceria) dan MONKASEL (Mentoring Kelompok Soleh Solehah).

Biro Humas (Hubungan Massa) adalah kombinasi pengelola kader dan keuangan BPU. Bisa dikatakan sutradara dalam BPU ini adalah biro humas. Biro Pembinaan dan Pengajaran yang bertindak sebagai aktris dan aktornya. Mereka bergerak di dalam (mengatur kader) dan luar (bekerja sama pencarian dana dan hal2 lain yang berkaitan dengan BPU) demi berlangsungnya rantai kader dan pendanaan yang tidak terputus sampai kepengurusan BPU ke depannya. misalnya dalam program dakwah BB (Beasiswa for Binaan), KEMA S (Kunjungan ke Lembaga Sosial) dan BPU Go Public. Biro Humas kali ini mempunyai tugas berat untuk memperkenalkan BPU ke setiap jurusan yang ada di ITS, karena selama ini BSO JMMI yang dikenal hanya BPM (Badan Pelaksana Mentoring), wajar karena memang bersinggungan langsung dengan mahasiswa, sudah saatnya BPU memperkenalkan diri ke jurusan-jurusan di seluruh ITS.

Kami ditakdirkan olehNya berada di jalan ini, jalan yang benar-benar tidak tertulis dalam salah satu impian kami dulu sejak menjadi mahasiswa baru.

Tetapi, kami yakin Allah memberikan sebuah jalan ini, dengan hikmah yang begitu mendalam.

Kepengurusan ini baru berjalan tiga bulan sudah, sudah banyak kami bertemu dengan orang-orang yang dari luar nampaknya biasa, namun jika kita selami lebih dalam , merekalah orang-orang luar biasa.Meskipun dengan keterbatasan ekonomi, mereka tetap menjalani dengan semangat sekali, membuat kami merasa bersyukur sekali. Nikmat yang terlalu besar telah kami dapatkan, mungkin sudah saatnya kami mengabdi di jalan ini.

Bagi yang membaca tulisan ini, kami mohon doanya semoga kami bisa istiqomah.

Jalan ini baru kami mulai.

Sumber artikel : BPU 1112 dan BPU 1011

Sumber gambar : BPU 1112

#dikopi langsung tanpa banyak perubahan dari penakebaikan.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s